Langsung ke konten utama

Udah Tau Perbedaan Saham BlueChip dan Saham Gorengan? Yuk Simak Penjelasannya!!


Kalau dipostingan sebelumnya, kita sudah membahas tentang pengertian saham. Sekarang, waktunya kita menelaah tentang jenis-jenis saham supaya makin paham lagi.

Jadi, jenis – jenis saham itu dibagi menjadi 3 katagori :

1. Jenis saham berdasaran segi kemampuan dalam hak tagih atau klaim
a.     Saham Biasa
Saham ini mempunyai karakteristik yang dalam melakukan klaim kepemilikan pada semua penghasilan dan aktiva yang dimiliki perusahaan. Sayangnya, pemilik atau pemegang saham hanya memiliki kewajiban yang sangat terbatas.
b.    Saham Preferen
Saham ini, merupakan saham yang menggabungkan obligasi dengan saham biasa. Secara tidak langsung, saham ini mampu menghasilkan pendapatan tetap.

    2. Jenis saham berdasarkan segi cara pemilihannya
a.     Saham Atas Unjuk
Saham ini, sebenarnya tidak tertulis nama pemeliknya. Salah satu tujuannya adalah agar mudah dipindahtangankan dari satu investor satu ke investor yang lainnnya, serta untuk dijualbelikan.
b.    Saham Atas Nama
Sedangkan, saham atas nama ini kebalikkan dari saham atas unjuk, dimana nama pemegang saham ini tertulis jelas di dalam kertas saham.

    3. Jenis saham berdasarkan segi kinerja perdagangan
a.     Blue Chip Stocks
Adalah saham yang kebanyakan diburu oleh investor, sebab ini memang mdari perusahaan yang memiliki kinerja dan reputasi yang tinggi.
b.    Income Stocks
Adalah saham yang mempunyai keunggulan dalam hal membayar deviden (mau tau apa itu deviden? klik disini)yang lebih tinggi dari rata- rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya. Selain itu, juga dapat menciptakan pendapatan yang lebih tinggi.
c.     Growth Stocks
·        Well Known
Adalah saham yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, dan mampu dikenal sebagai perusahaan yang memiliki citra yang tinggi pula.
·        Lesser Known
Kebalikasn dari well known, saham ini adalah saham yang memiliki pedapatan yang rendah, dan biasanya tidak dikenal dikalangan emiten. 
d.     Speculative Stocks
Adalah saham yang memiliki resiko yang tinggi untuk dapat menghasilkan laba / keuntungan yang tinggi dimasa depan, namun sayangnya saham ini juga saham yang mampu bergerak naik dan turun dengan cepat.
e.     Counter Cyclical Stocks
Adalah satu – satunya saham yang paling tidak berpengaruh pada kondisi ekonomi disekitar. Hal ini, disebebkan karena perusahaan mampu menghasilkan pendapatan yang tinggi.

Namun, ada juga yang membedakannya menjadi :
a.     Saham Blue Chips
Adalah saham yang memang perusahannya sudah memiliki fundamental dan market / distribusi produksi yang luas. Biasanya, saham ini memiliki harga yang tergolong tinggi.
b.    Saham Second Tier
Adalah saham yang menjadi sang primadona bagi investor pemula. Selain harganya yang cukup untuk kantong pemula, saham ini juga dapat digunakan untuk investasi janga panjang, seperti 5 -10 tahun.
c.     Saham Gorengan
Nah, ini adalah saham yang gampang dibolak balik oleh broker. Saham ini, termasuk saham yang memiliki harga yang cukup rendah, biasanya digunakan untuk investasi jangka pendek maupun unntuk trading.
Kenapa sih kok dibilang saham gorengan?
Karena, secara singkatnya saham ini tuh gampang naik dan turunnya. Benar-benar bikin gregetan kalau lagi lomba trading.

Oh ya, mau ikutan lomba trading juga? Yuk buruan daftar lomba trading 2020 nanti. Baca ketentuannya disini ya sobat!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu KSPM?

Buat kalian yang memang sudah kuliah atau pernah kuliah, pasti enggak asing lagi nih denger ataupun liat yang namanya KSPM. Jadi apa itu KSPM ? KSPM merupakan singkatan dari Kelompok Studi Pasar Modal. Nah, Kelompok Studi Pasar Modal ini berperan sebagai tempat untuk pengembangan dan pelatihan mahasiswa yang tentang Pasar Modal. Kalau belum tau tentang pasar modal, yuk liat post kami tentang pasar modal disini (tinggal klik). Jadi,dengan kata lain KSPM itu sebagai wadah untuk belajar lebih dalam tentang KSPM. Oh ya, biasanya KSPM itu sendiri terbagi menjadi 2 katagori. Untuk kampus yang berbasis islam, biasanya menyebutnya dengan KSPMS yaitu Kelompok Studi Pasar Modal Syariah. Sedangkan, kampus yang tidak berbasis islam menybutnya KSPM yaitu Kelompok Studi Pasar Modal. Di Universitas Pekalongan sendiri, kita menyebutnya dengan KSPM. KSPM  ini terdapat pada Fakultas Ekonomi (FE) di setiap universitasnya. Namun, balik lagi ke peraturan yang ada disetiap universit

KEPENGURUSAN KSPM FEB UNIKAL 2022/2023

Foto Pengurus 2022/2023 Hai guys 👋🏻 Setelah melewati Rapat Umum Perubahan Struktur (RUPS) 2022, maka terpilih Direktur baru KSPM FEB UNIKAL periode 2022/2023 dan terbentuklah struktur kepengurusan yang baru.   Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : Komisaris Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : 1. Susunan Komisaris A.       Ketua Komisaris ·          Nadia Putri Kamila B.       Komisaris Investasi : ·          Ahmad Adi Fadhilah ·          Arum Tsani Z C.       Komisaris Edukasi : ·          Shofatun Nida ·          Indah Luh Jinggan D.       Komisaris Sumber Daya Manusia (SDM) ·          Vanessa Putri Ardalena ·          Ulfi Suciati E.        Komisaris Public Relation (PR) ·          Novita Sari F.        Komisaris Information & Technology (IT) ·          Andini Ayuningtyas Putri Badan Pengurus Harian (BPH) 2. Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) ·          Direktur  : Mizannul Ihsan

Apa Itu Pasar Modal?

Hallo SobatInvestasi!! Kalian tau nggak apa itu pasar modal? Kalau belum tau, yuk simak penjelasan dibawah ini. Sumber : alinea.id Pasar Modal itu sebenernya telah ada dan berkembang sejak tahun 1912 saat pemerintahaan Hinda Belanda. Nah, pada perkembangannya pasar modal di Indonesia itu mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini disebabkan setelah pemerintah melakukan berbagai regulasi dibidang keuangan dan perbankan. Orang-orang di Indonesia juga menyadari bahwa perdagangan efek ini telah memberikan return yang cukup memuaskan. Adanya return ini, tentu saja berdasarkan berapa banyak kamu membeli saham dalam jumlah perlots. Menurut Informasi dari IDX, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangaka panjang yang dapat dijualbelikan, baik itu surat utang (obligasi),ekuiti (saham), reksa dana, unstrumen derivative maupun instrument lainnya. Menurut Syahrir dalam Najib (1998), pasar modal Indonesia sebagai salah satu lembaga yan