Langsung ke konten utama

Lebih Kenal Dengan KSPM FEB UNIKAL Yuk!!


Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi Univesitas Pekalongan, merupakan sebuah UKM/Unit Kegiatan Mahasiswa. Di mana,  KSPM ini akan memberikan pelatihan dan pengembangan lebih dalam  terhadap mahasiswa tentang pasar modal.

Dalam hal ini, KSPM FE UNIKAL mengadaan diskusi yang akan dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jum’at. Untuk hari Kamis, kami mengkhususkan untuk anggota dari KSPM FEB UNIKAL sendiri. Sedangkan, untuk hari Jum’at kami membuka diskusi umum. Harapannya dengan adanya diskusi umum ini, teman teman dari fakultas lain atau bahkan teman teman yang tertarik terhadap pasar modal bisa ikut serta dalam diskusi umum ini.

Disini, kita memiiki 5 divisi, yaitu :
  1. Divisi Information & Technology
  2. Divisi Edukasi
  3.  Divisi Sumber Daya Manusia
  4. Divisi Public Relation
  5. Divisi Investasi
Yuk simak, penjelasan singkat tentang Program Kerja KSPM FE UNIKAL


1.  Divisi SDM

KSPM FEB UNIKAL mengadakan Open Recuitmen yang digunakan untuk merekrut mahasiswa semester 1 dan semester 3 yang tertarik tentang pasar modal dan berlatih tentang berorganisasi.

KSPM FEB UNIKAL juga mengembangkan pengetahuan anggotanya, dengan menjalankan salah satu program kerjanya berupa Pelatihan Pasar Modal Dasar. Nah, Pelatihan Pasar Modal itu sendiri, selain untuk megembangkan pengetahuan juga utuk mempererat tali persaudaraan lho. Disana, kita akan mengadakan games dan mengenalkan keluarga KSPM periode periode sebelumnya.

Setelah ada Pelatihan Pasar Modal Dasar, juga terdapat Pelatihan Pasar Modal Lanjutan. Untuk Pelatihan Pasar Modal Lanjutan kita memfokuskan pada pemilihan bakat dan minat dipilihan divisi / departemennya.  Dari masing masing divisi ini, memiliki program kerja yang tujuannya sama-sama untuk mengembangkan pengetahuan, melatih soft skills, mengembangkan minat dan bakat terhadap ketertarikan pasar modal untuk menghindari generasi muda dari investasi bodong.

Sedangkan, untuk menghilangkan rasa malu yang mungkin masih timbul pada anggota baru dan have fun bersama, kita mengadakan yang namanya Gathering. Nah gathering ini, diharapkan semuanya bisa saling membaur dan dapat mencegah adanya kesenjangan yang munkin ada diantara kita.

Tak lupa, disetiap tahunnya kita mengadakan Capital Market Competition (CAPTION). CAPTION ini merupakan perlombaan trading. Dimana, teman – teman dari universitas lainnya juga dapat mengikuti cara tersebut dan berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah.
Selain acara di atas, kita juga mengadakan gathering. Gathering merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih pengurus KSPM dalam mengelola suatu kegiatan.

2.  Divisi IT
Setelah adanya acara CAPTION, Divisi IT ini membuat sebuah mading yang digunakan untuk memaparkan ringkasan acara dan memaparkan 7-8 besar dalam acara tersebut.

Untuk memperingati hari jadi KSPM, kita mengadakan Diesnatalies. Acara ini sebagai bentuk rasa syukur karna perjuangan KSPM FEB UNIKAL yang masih dan akan terus berlanjut membanggakan almamater tercinta.

Oh iya, divisi it ini juga yang bertugas untuk memberi pengetahuan dan informasi dalam setiap kegiatan untuk di share ke social media lho, seperti instagram, YouTube, Tiktok, dan blog.
Jangan lupa follow instagram KSPM FE UNIKAL di : kspmunikal
Jangan lupa follow twitter KSPM FE UNIKAL di: kspm_unikal

3. Divisi Investasi
Setiap anggota juga akan dibuatkan akun saham berdasarkan sekuritas yang telah bekerjasama, Di sini kita menggunakan sekuritas Phintacro. Nah, akun ini akan dibuatkan dengan mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) Level 1. Untuk SPM Level 2, kita memfokuskan bagaimana teman teman dapat menggunakan dan mengetahui cara analisis saham.

4.Divisi Edukasi
Untuk memberi pengetahuan kepada adik-adik agar terhindar dari investasi bodong, kita juga ada Goes To School. Dalam GTS ini, kita mendatangi 3-4 sekolah yang ada di pekalongan dan sekitarnya.

5.  Divisi PR
Tidak beda jauh dengan GTS, kita juga memberikan pengarahan dan pengetahuan tentang pasar modal kepada masyarakat, yaitu adalah Goes To Public atau kita kenal dengan GTP. Kita juga menjangkau nya hingga pelosok yang cenderung berada di pekalongan dan sekitarnya.

Sedangkan untuk menambah pertemanan yang saling tukar menukar infomasi tentang sesama KSPM / KSPMS kita mengundang universitas lain untuk datang ke Universitas Pekalongan dalam rangka Studi Banding.

Untuk lebih jelasnya, kita akan memaparkan setiap kegiatan kita di blog ini. Staytune ya sobat investasi.

Baca Juga:
Open Recuitmen 2019
Pelatihan Pasar Modal Dasar 2019
Gathering 2020
Capital Market Competition 2020
Pelatihan Pasar Modal Lanjutan 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu KSPM?

Buat kalian yang memang sudah kuliah atau pernah kuliah, pasti enggak asing lagi nih denger ataupun liat yang namanya KSPM. Jadi apa itu KSPM ? KSPM merupakan singkatan dari Kelompok Studi Pasar Modal. Nah, Kelompok Studi Pasar Modal ini berperan sebagai tempat untuk pengembangan dan pelatihan mahasiswa yang tentang Pasar Modal. Kalau belum tau tentang pasar modal, yuk liat post kami tentang pasar modal disini (tinggal klik). Jadi,dengan kata lain KSPM itu sebagai wadah untuk belajar lebih dalam tentang KSPM. Oh ya, biasanya KSPM itu sendiri terbagi menjadi 2 katagori. Untuk kampus yang berbasis islam, biasanya menyebutnya dengan KSPMS yaitu Kelompok Studi Pasar Modal Syariah. Sedangkan, kampus yang tidak berbasis islam menybutnya KSPM yaitu Kelompok Studi Pasar Modal. Di Universitas Pekalongan sendiri, kita menyebutnya dengan KSPM. KSPM  ini terdapat pada Fakultas Ekonomi (FE) di setiap universitasnya. Namun, balik lagi ke peraturan yang ada disetiap universit

KEPENGURUSAN KSPM FEB UNIKAL 2022/2023

Foto Pengurus 2022/2023 Hai guys 👋🏻 Setelah melewati Rapat Umum Perubahan Struktur (RUPS) 2022, maka terpilih Direktur baru KSPM FEB UNIKAL periode 2022/2023 dan terbentuklah struktur kepengurusan yang baru.   Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : Komisaris Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : 1. Susunan Komisaris A.       Ketua Komisaris ·          Nadia Putri Kamila B.       Komisaris Investasi : ·          Ahmad Adi Fadhilah ·          Arum Tsani Z C.       Komisaris Edukasi : ·          Shofatun Nida ·          Indah Luh Jinggan D.       Komisaris Sumber Daya Manusia (SDM) ·          Vanessa Putri Ardalena ·          Ulfi Suciati E.        Komisaris Public Relation (PR) ·          Novita Sari F.        Komisaris Information & Technology (IT) ·          Andini Ayuningtyas Putri Badan Pengurus Harian (BPH) 2. Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) ·          Direktur  : Mizannul Ihsan

Apa Itu Pasar Modal?

Hallo SobatInvestasi!! Kalian tau nggak apa itu pasar modal? Kalau belum tau, yuk simak penjelasan dibawah ini. Sumber : alinea.id Pasar Modal itu sebenernya telah ada dan berkembang sejak tahun 1912 saat pemerintahaan Hinda Belanda. Nah, pada perkembangannya pasar modal di Indonesia itu mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini disebabkan setelah pemerintah melakukan berbagai regulasi dibidang keuangan dan perbankan. Orang-orang di Indonesia juga menyadari bahwa perdagangan efek ini telah memberikan return yang cukup memuaskan. Adanya return ini, tentu saja berdasarkan berapa banyak kamu membeli saham dalam jumlah perlots. Menurut Informasi dari IDX, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangaka panjang yang dapat dijualbelikan, baik itu surat utang (obligasi),ekuiti (saham), reksa dana, unstrumen derivative maupun instrument lainnya. Menurut Syahrir dalam Najib (1998), pasar modal Indonesia sebagai salah satu lembaga yan