Langsung ke konten utama

Perbedaan Investasi dan Trading yang Mesti Diketahui

Kalian pasti pernah dengerkan ataupun meihat,  kata “investasi’ ataupun “trading”, entah itu dikoran,  di pamflet seminar nasional maupun disosial media.
Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mncari keuntungan. Tapi ada perbedaan yang perlu SobatInvestasiketahui lho.. Perbedannya itu terletak pada “siapa” dan “waktu”  yang beekerja aktif untuk dapat menghasilkan keunutngan.



Investasi
Sumber : Koinworks.com 


1.        Pengertian
    Menurut KBBI, Investasi merupakan penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyekunutk tujuan mmperoleh keutungan. Dengan kara lain, investasi adalah membeli sesuatu dan diharapkan pada masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula.

  Nah, tujuan seseorang melakukan trading yaitu untuk mendapatkan keuntungan (profit) dan mengelola kerugian (loss) dari saham, mas, komoditas ataupun mata uang (valas) yang bisa disebut dengan forex.

2.       Keunutungan dan kerugian
      Investasi bisa dikatakan untuk menanam modal. Artinya, jika kita menjadi investor maka kita tidak menjalankan secara langsung usaha tersebut unutk mendapatkan keuntungan.  Kenapa begitu? Karena, ada pihak lain yang bertugas untuk mengelola uang tersebut.

  Misalkan nih, SobatInvestasi memiliki uang sebesar 10juta. Lalu, SobatInvestasi memutuskan untuk menabungkan uang tersebut di bank. Jadi, secara tidak langsung SobaInvestasi merupakan investor. Uang 10juta ini nanti akan diskelola oleh pihak bank untuk menjadi modal yang akan digunakan untuk menjalankan suatu usaha.

      Jika usaha ini memperoleh keuntungan, maka SobatInvestasi dapat memperoleh keuntungan dalam bentk bunga. Sayangnya, dalam investasi ini kita tidak dapat menentukan berapa besar keuntungan (profit) ataupun kerugian (loss) yang nantinya akan didapatkan.

3.       Waktu Pelaksananaan
      Jika SobatInvestasi memutuskan untuk menjadi investor, maka jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan adalah jangka waktu panjang. Pastikan juga, teman teman memilih perusahaan yang memang sudah terkenal, memiliki banyak produk, produknya tersebar dimana-mana, atau sering disebut juga dengan “Saham Bluechip”



Trading

Sumber : Netsolmind.com 

1.         Pengertian
      Sedangkan, trading berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah perdagangan. Trading, adalah perdagangan jangka pendek yang bisa mendapatkan kentungan besar dan cepat karena perubahan trend yang tinggi. Namun juga bisa sangat cepat rugi untuk kehilangan modal.

2.       Keuntungan dan Kerugian
      Kalau tadi dalam investasi, kita tidah perlu terjun langsung untuk mengelola usaha. Kalau di trading, kita diperlukan untuk terjun langsung dalam mengelola usaha. Bahkan, kita bisa memilih usaha apa yang aka kita jalankan.

      Keuntunganya, SobatInvestasi akan mendapatkan keuntungan yang sangat signifikan jika memang analisisnya tepatnya. Sayangnya, jika kita salah dalam menganalisis, kita bisa mengalami kerugian.

3.       Waktu Pelaksanaan
      Dan jika, SobatInvestasi memuuskan unutk menjadi trader, maka jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan adalah jangka waktu pendek, yaitu 7hari – 3bulan. Biasanya, perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang mampu menaik turunkan fluksuasi harga, dengan cepat atau disebut dengan “Saham Gorengan”

Buat kalian, yang mau tau perbedaan Saham Blue Chip dan Saham Gorengan, kalian bisa klik disini.

Sekian dulu untuk pembahasan kali ini.
Semoga bermanfaat J

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu KSPM?

Buat kalian yang memang sudah kuliah atau pernah kuliah, pasti enggak asing lagi nih denger ataupun liat yang namanya KSPM. Jadi apa itu KSPM ? KSPM merupakan singkatan dari Kelompok Studi Pasar Modal. Nah, Kelompok Studi Pasar Modal ini berperan sebagai tempat untuk pengembangan dan pelatihan mahasiswa yang tentang Pasar Modal. Kalau belum tau tentang pasar modal, yuk liat post kami tentang pasar modal disini (tinggal klik). Jadi,dengan kata lain KSPM itu sebagai wadah untuk belajar lebih dalam tentang KSPM. Oh ya, biasanya KSPM itu sendiri terbagi menjadi 2 katagori. Untuk kampus yang berbasis islam, biasanya menyebutnya dengan KSPMS yaitu Kelompok Studi Pasar Modal Syariah. Sedangkan, kampus yang tidak berbasis islam menybutnya KSPM yaitu Kelompok Studi Pasar Modal. Di Universitas Pekalongan sendiri, kita menyebutnya dengan KSPM. KSPM  ini terdapat pada Fakultas Ekonomi (FE) di setiap universitasnya. Namun, balik lagi ke peraturan yang ada disetiap universit

KEPENGURUSAN KSPM FEB UNIKAL 2022/2023

Foto Pengurus 2022/2023 Hai guys 👋🏻 Setelah melewati Rapat Umum Perubahan Struktur (RUPS) 2022, maka terpilih Direktur baru KSPM FEB UNIKAL periode 2022/2023 dan terbentuklah struktur kepengurusan yang baru.   Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : Komisaris Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : 1. Susunan Komisaris A.       Ketua Komisaris ·          Nadia Putri Kamila B.       Komisaris Investasi : ·          Ahmad Adi Fadhilah ·          Arum Tsani Z C.       Komisaris Edukasi : ·          Shofatun Nida ·          Indah Luh Jinggan D.       Komisaris Sumber Daya Manusia (SDM) ·          Vanessa Putri Ardalena ·          Ulfi Suciati E.        Komisaris Public Relation (PR) ·          Novita Sari F.        Komisaris Information & Technology (IT) ·          Andini Ayuningtyas Putri Badan Pengurus Harian (BPH) 2. Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) ·          Direktur  : Mizannul Ihsan

Apa Itu Pasar Modal?

Hallo SobatInvestasi!! Kalian tau nggak apa itu pasar modal? Kalau belum tau, yuk simak penjelasan dibawah ini. Sumber : alinea.id Pasar Modal itu sebenernya telah ada dan berkembang sejak tahun 1912 saat pemerintahaan Hinda Belanda. Nah, pada perkembangannya pasar modal di Indonesia itu mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini disebabkan setelah pemerintah melakukan berbagai regulasi dibidang keuangan dan perbankan. Orang-orang di Indonesia juga menyadari bahwa perdagangan efek ini telah memberikan return yang cukup memuaskan. Adanya return ini, tentu saja berdasarkan berapa banyak kamu membeli saham dalam jumlah perlots. Menurut Informasi dari IDX, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangaka panjang yang dapat dijualbelikan, baik itu surat utang (obligasi),ekuiti (saham), reksa dana, unstrumen derivative maupun instrument lainnya. Menurut Syahrir dalam Najib (1998), pasar modal Indonesia sebagai salah satu lembaga yan