Langsung ke konten utama

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Hay SobatInvestasi!!

Dikesempatan kali ini, kita mau bahas yang namanya Perusahaan Sekuritas.

Ada yang udah tau belum ya apa itu perusahaan sekuritas?

Sekuritas itu bukannya orang yang jaga disetiap rumahsakit, hotel ataupun kantor ya kak?
No no no!! Itu namanya security ya guys. Lainhalnya dengan sekuritas ya.
Kalau belum tau apa yang dimaksud sekuritas, yuk simak penjelasannya!!

Bagi kamu yang sedang bergelut dalam dunia investasi, pasti tak asing lagi dengan yang namanya sekuritas. Nah sekuritas itu apa si? Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang merupakan anggota bursa efek dengen lisensi khusus unutk melakukan jual beli efek atau saham.

Simple nya sih, perusahaan sekuritas adalah sebuah per
usahaan yang menaungi transaksi jual beli efek atau saham antara investor dengan pasar modal.

Di dalam perusahaan sekuritas ini ada yang namanya pialang,  dan dealer.

Pialang / Broker , adalah organisasi yang menjadi perantara antara pasar modal dengan investor.
Broker ini, akan memberikan rekomendasi kepada investor mengenai saham mana yang menarik dan kapan waktu pelaksanaannya. Analisis yang diberikan, tentu berasal dari riset para ahli analisis yang bekerja untuk perusahaan sekuritas tersebut.

Dealer, adalah organisasi yang membeli atau menjual sekuritas portofolio mereka sendiri untuk kemudian ditawarkan kepada investor yang akan membeli.

Perlu, SobatInvestasi ketahui bahwasanya daftar perusahaan sekuritas itu ada banyak sekali. Tentunya, masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, disini akan disajikan beberapa sekuritas yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

No.
Nama
Kode Perusahaan
 1.
Amantara Sekuritas Indonesia
YO
 2.
Artha Sekuritas Indonesia
SH
 3.
BCA Sekuritas
SQ
 4.
Bahana Sekuritas
DX
 5.
Ciptadana Sekuritas Asia
KI
 6.
Citigroup Sekuritas Indonesia
CG
 7.
Danareksa Sekuritas
OD
 8.
Dwidana Sakti Sekuritas
TS
 9.
Ekuator Swarna Sekuritas
MK
 10.
Evergreen Sekuritas Indonesia
EL
 11.
Forte Global Sekuritas
FO
 12.
FAC Sekuritas Indoensia
PC
 13.
Harita Kencana Sekuritas
AF
 14.
HSBC Sekuritas Indonesia
GW
 15.
IMG Sekuritas
SC
 16.
IndoPremier Sekuritas
PD
 17.
Jasa Utama Capital Sekuritas
YB
 18.
Kiwoom Sekuritas Indoensia
AG
 19.
Kresna Sekuritas
KS
 20.
Lotus Andalan Sekuritas
YJ
 21.
MNC Sekuritas
EP
 22.
Mandiri Sekuritas
CC
 23.
Net Sekuritas
OK
 24.
Nomura Sekuritas Indoneisa
FG
 25.
Oso Sekuritas Indonesia
AD
 26.
Pacific 2000 Sekuritas
IH
 27.
Phintraco Sekuritas
AT
 28.
RHB Sekuritas Indonesia
DR
 29.
Royal Investium Sekuritas
LH
 30.
Sinarmas Sekuritas
DH
 31.
Surya Fajar Sekuritas
SF
 32.
Trimegah Sekuritas Indonesia
LG
 33.
Universal Broker Indonesia Sekuritas
TF
 34.
UOB KayHian Sekuritas
AI
 35.
Victoria Sekuritas Indonesia
MI
 36.
Waterfront Sekuritas Indonesia
FZ
 37.
Yuanta Sekuritas Indonesia
FS

Nah, itulah beberapa sekuritas yang sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indoensia. Jika SobatInvestasi ingin melihat sekuritas yang lain, bisa langsung cek website nya IDX ya. Link nya, ada dibawah.

Biasanya, setiap universitas  memiliki kerja sama dengan Perusahaan Sekuritas yang bisa dibilang berbeda-beda. Jadi, kalau SobatInvestasi sering mengikuti lomba trading, secara tidak langsung SobatInvestasi juga akan merasakan penggunaan dalam sekuritas tersebut. Asik bukan?

Kalau kamu pakek sekuritas apa? Komen dibawah!!
Sekiandulu, pembahasan kali ini. Jangan lupa dishare si sosialmedia kalian, agar semakin banyak orang Indonesia yang melek akan investasi.
See you, in next post!!

Baca Juga:

Sumber:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu KSPM?

Buat kalian yang memang sudah kuliah atau pernah kuliah, pasti enggak asing lagi nih denger ataupun liat yang namanya KSPM. Jadi apa itu KSPM ? KSPM merupakan singkatan dari Kelompok Studi Pasar Modal. Nah, Kelompok Studi Pasar Modal ini berperan sebagai tempat untuk pengembangan dan pelatihan mahasiswa yang tentang Pasar Modal. Kalau belum tau tentang pasar modal, yuk liat post kami tentang pasar modal disini (tinggal klik). Jadi,dengan kata lain KSPM itu sebagai wadah untuk belajar lebih dalam tentang KSPM. Oh ya, biasanya KSPM itu sendiri terbagi menjadi 2 katagori. Untuk kampus yang berbasis islam, biasanya menyebutnya dengan KSPMS yaitu Kelompok Studi Pasar Modal Syariah. Sedangkan, kampus yang tidak berbasis islam menybutnya KSPM yaitu Kelompok Studi Pasar Modal. Di Universitas Pekalongan sendiri, kita menyebutnya dengan KSPM. KSPM  ini terdapat pada Fakultas Ekonomi (FE) di setiap universitasnya. Namun, balik lagi ke peraturan yang ada disetiap universit

KEPENGURUSAN KSPM FEB UNIKAL 2022/2023

Foto Pengurus 2022/2023 Hai guys 👋🏻 Setelah melewati Rapat Umum Perubahan Struktur (RUPS) 2022, maka terpilih Direktur baru KSPM FEB UNIKAL periode 2022/2023 dan terbentuklah struktur kepengurusan yang baru.   Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : Komisaris Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : 1. Susunan Komisaris A.       Ketua Komisaris ·          Nadia Putri Kamila B.       Komisaris Investasi : ·          Ahmad Adi Fadhilah ·          Arum Tsani Z C.       Komisaris Edukasi : ·          Shofatun Nida ·          Indah Luh Jinggan D.       Komisaris Sumber Daya Manusia (SDM) ·          Vanessa Putri Ardalena ·          Ulfi Suciati E.        Komisaris Public Relation (PR) ·          Novita Sari F.        Komisaris Information & Technology (IT) ·          Andini Ayuningtyas Putri Badan Pengurus Harian (BPH) 2. Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) ·          Direktur  : Mizannul Ihsan

Apa Itu Pasar Modal?

Hallo SobatInvestasi!! Kalian tau nggak apa itu pasar modal? Kalau belum tau, yuk simak penjelasan dibawah ini. Sumber : alinea.id Pasar Modal itu sebenernya telah ada dan berkembang sejak tahun 1912 saat pemerintahaan Hinda Belanda. Nah, pada perkembangannya pasar modal di Indonesia itu mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini disebabkan setelah pemerintah melakukan berbagai regulasi dibidang keuangan dan perbankan. Orang-orang di Indonesia juga menyadari bahwa perdagangan efek ini telah memberikan return yang cukup memuaskan. Adanya return ini, tentu saja berdasarkan berapa banyak kamu membeli saham dalam jumlah perlots. Menurut Informasi dari IDX, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangaka panjang yang dapat dijualbelikan, baik itu surat utang (obligasi),ekuiti (saham), reksa dana, unstrumen derivative maupun instrument lainnya. Menurut Syahrir dalam Najib (1998), pasar modal Indonesia sebagai salah satu lembaga yan