Langsung ke konten utama

Yuk Ketahui Jenis - Jenis Obligasi!!


Dikesempatan sebelumnya, kita udah membahas apa itu obligasi.
Ada yang masih ingat?

Yaps betul sekali.

Obligasi adalah surat pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pihak yang memegang obligasibeserta janji untuk membayar pokok utang dan bunga pada saat jatuh tempo pembayaran.
Ternyata, jenis – jenis obligasi itu banyak lho SobatInvestasi. Yuk pelajari pertama.


1.         Obligasi Berdasarkan Penerbit
a.    Obligasi Pemerintah
Obligasi Pemerintah adalah sebuah obligasi yang diterbitkan oleh Kementrian Keuangan. Oleh karna itu, obligasi ini sangat aman, karena benar – benar dijamin oleh negara. Tujuan dari obligasi ini, tidak lain tidak bukan adalah untuk mendanai APBN pemerintahan.
b.   Obligasi Korporasi
Obligasi ini adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan tertentu, entah itu swasta atau bukan. Yang pasti, obligasi ini tidak begitu aman karena bergantung pada kondisi perusahaan tersebut.
c.    Obligasi Municipal
Obligasi Municipial, adalah obligasi daerah yang nantinya obligasi ini akan digunakan unutk membiayaiproyek proyek daerah. Walaupun sama-sama dari pemerintahan, obligasi ini memiliki resiko yang jauh lebih tinggi dari obligasi pemerintah.

2.       Obligasi Berdasarkan Pembayaran Bunga
a.    Zero Coupon Bond
Zero Coupon Bond, atau biasa dikenal dengan obligasi tanpa bunga adalah obligasi yang tidak memberikan bunga / kupon. Obligasi ini, memiliki ini memiliki jatuh tempo jangka pendek yaitu dibawah satu tahun, dan jatuh tempo jangka panjangnya mencapai diatas 10tahun.

b.   Obligasi Kupon Tetap
Obligasi KuponTetap, adalah obligasi yang menawarkan tingkat suku bunga yang tetap pada investor, hingga jatuh tempo surat tiba.
c.    Obligasi Kupon Ngambang
Obligasi Kupon Ngambang, adalah obligasi yang menawarkan kupon yang besarnya berubah-ubah dan mengikuti indeks pasar uang.

3.       Obligasi Berdasarkan Nominal
a.    Obligasi Konvensional
Obligasi Konvnsional, adalah obligasi yang mempunyai satuan nominal yang besar, yaitu memiliki kurang lebih 1 miliar per lot.
b.   Obligasi Ritel
Obligasi Ritel, adalah obligasi yang mempunyai surat utang yang memiliki nominal yang kecil, yaitu 1juta per lot.

4.       Obligasi Berdasarkan Penukaran
a.    Convertible Bond
Obligasi Konversi, adalah obligasi yang memungkinkan pemegang surat utang tetap mengonversinya menjadi saham dengan rasio penukaran yang tekah disepakati sebelumnya.
b.   Obligasi Tukar
Obligasi Tukar atau biasa disebut dengan Exchangeable Bond, adalah obligasi dimana pemegang urat utang masih bisa mengubah obligasi menjadi saham afiliasi penerbitnya.
c.    Obligasi Opsi Beli
Pada obligasi ini, penerbit obligasi boleh membeli kembali obligasi dari pemegang suratnya dengan harga yang telah disepakati.
d.   Puntable Bond
Puntable Bond, adalah jenis obligasi dimana investor memiliki hak untuk mengharuskan emiten atau penerbit membeli kembali surat utangnya.

5.        Obligasi Bedasarkan Imbal Hasil
a.    Obligasi Konvensional
Adalah, surat beharga yang diterbitkan oleh pihak tertentu unutuk mendapatkan penjaman sebagai tambahan modal, dengan perjanjial memberikan bunga kepada pihak investor dalam jangka waktu tertentu.
b.   Obligasi Syariah
Obligasi Syariah atau yang biasa dikenal dengan Sukuk, adalah obligasi yang memberikan imbalan hasil berupa uang sewa yang perhitungannyya berdasarkan pada prinsip syariah islam yang  mengandung unsur riba.

Imbalan hasil tersebut akan dibayarkan secara berkala dalam peridetertentu, dan peminjam akan melunasi pokok utang di tanggal jatuh temponya.

Wah, teryata banyak ya jenis – jenis obligasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya SobatInvestasi.

Baca Juga: 
14 Level Trading Saham Yang Mesti Diketahui!!
Apa Itu Reksadana?
Apa itu Obligasi?
Sumber:

#kspmofexcellent
#kspmfeunikal
#kspmunikal
#investormendunia
#yuknabungsaham

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu KSPM?

Buat kalian yang memang sudah kuliah atau pernah kuliah, pasti enggak asing lagi nih denger ataupun liat yang namanya KSPM. Jadi apa itu KSPM ? KSPM merupakan singkatan dari Kelompok Studi Pasar Modal. Nah, Kelompok Studi Pasar Modal ini berperan sebagai tempat untuk pengembangan dan pelatihan mahasiswa yang tentang Pasar Modal. Kalau belum tau tentang pasar modal, yuk liat post kami tentang pasar modal disini (tinggal klik). Jadi,dengan kata lain KSPM itu sebagai wadah untuk belajar lebih dalam tentang KSPM. Oh ya, biasanya KSPM itu sendiri terbagi menjadi 2 katagori. Untuk kampus yang berbasis islam, biasanya menyebutnya dengan KSPMS yaitu Kelompok Studi Pasar Modal Syariah. Sedangkan, kampus yang tidak berbasis islam menybutnya KSPM yaitu Kelompok Studi Pasar Modal. Di Universitas Pekalongan sendiri, kita menyebutnya dengan KSPM. KSPM  ini terdapat pada Fakultas Ekonomi (FE) di setiap universitasnya. Namun, balik lagi ke peraturan yang ada disetiap universit

KEPENGURUSAN KSPM FEB UNIKAL 2022/2023

Foto Pengurus 2022/2023 Hai guys 👋🏻 Setelah melewati Rapat Umum Perubahan Struktur (RUPS) 2022, maka terpilih Direktur baru KSPM FEB UNIKAL periode 2022/2023 dan terbentuklah struktur kepengurusan yang baru.   Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : Komisaris Berikut adalah sususan kepengurusan KSPM FEB UNIKAL 2022/2023 : 1. Susunan Komisaris A.       Ketua Komisaris ·          Nadia Putri Kamila B.       Komisaris Investasi : ·          Ahmad Adi Fadhilah ·          Arum Tsani Z C.       Komisaris Edukasi : ·          Shofatun Nida ·          Indah Luh Jinggan D.       Komisaris Sumber Daya Manusia (SDM) ·          Vanessa Putri Ardalena ·          Ulfi Suciati E.        Komisaris Public Relation (PR) ·          Novita Sari F.        Komisaris Information & Technology (IT) ·          Andini Ayuningtyas Putri Badan Pengurus Harian (BPH) 2. Susunan Badan Pengurus Harian (BPH) ·          Direktur  : Mizannul Ihsan

Apa Itu Pasar Modal?

Hallo SobatInvestasi!! Kalian tau nggak apa itu pasar modal? Kalau belum tau, yuk simak penjelasan dibawah ini. Sumber : alinea.id Pasar Modal itu sebenernya telah ada dan berkembang sejak tahun 1912 saat pemerintahaan Hinda Belanda. Nah, pada perkembangannya pasar modal di Indonesia itu mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini disebabkan setelah pemerintah melakukan berbagai regulasi dibidang keuangan dan perbankan. Orang-orang di Indonesia juga menyadari bahwa perdagangan efek ini telah memberikan return yang cukup memuaskan. Adanya return ini, tentu saja berdasarkan berapa banyak kamu membeli saham dalam jumlah perlots. Menurut Informasi dari IDX, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangaka panjang yang dapat dijualbelikan, baik itu surat utang (obligasi),ekuiti (saham), reksa dana, unstrumen derivative maupun instrument lainnya. Menurut Syahrir dalam Najib (1998), pasar modal Indonesia sebagai salah satu lembaga yan